Powered By Blogger

Sabtu, 27 Oktober 2012

Reprater


Ayo Belajar Komputer

 http://img2.blogblog.com/img/video_object.png
http://img1.blogblog.com/img/icon18_wrench_allbkg.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcgz7M1Kprgz5SxqesgDcLds9QLnyuAaPm3Kjlld_L5ivJjbp46WQdFUTSFNmimF1__85jLRH4BtqILWlDf1X1VIUXgJyeNSoA4NwvJwmhCRnnInhMphd03flpJTFIOLKaGGOAmJRaX9cu/s269/komputer_alfa.jpg
http://img1.blogblog.com/img/icon18_wrench_allbkg.png

REPEATER

Alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain. Dengan adanya repeater ini jarak antarjaringan komputer dapat dibuat lebih jauh.
Di dalam jaringan komputer, repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Dengan menggunakan repeater, LAN yang memakai ethernet dapat diperpanjang rentang jaringannya sampai 20 km dengan memasang repeater pada setiap 2,5 km.

Fiber Optic Interrepeater Link
Metodologi pemberian sinyal serat optik berdasarkan spesifikasi serat optik IEEE 802.3 FOIRL merupakan  pendahuluan dari spesifikasi 10BaseFL yang dirancang untuk menggantikannya. Didefinisikan sebagai IEEE 802.3 dan diimplementasikan pada lebih dari dua jalur serat optik, medium ini bisa mencapai jarak sampai 500 m dan 1 Km tergantung pada jumlah repeater pada jaringan.
Multi-port Repeater
Pemusatan perkabelan Ethernet yang memungkinkan banyak perangkat terhubung pada satu titik di Ethernet. Multiport Repeater yang dapat diatur pengguna memiliki banyak kemampuan untuk mengelola jaringan.
Network Hub Unit: Perangkat konsentrator dan repeater untuk jaringan StarLAN.
Unit: Unit Pusat pemrosesan. Biasanya disebut juga dengan otak dari komputer itu sendiri. CPU juga dikenal sebagai pemproses atau mikroprosesor. Intel, AMD, Cyrix, Motorola dan IBM merupakan contoh perusahaan yang memproduksi CPU ini, dan Pentium III,IV dan Athlon merupakan contoh CPU yang popular saat ini. Salah satu fungsi CPU ialah memeriksa sistem BIOS dan melaksanakan suatu perintah yang akan dilaksanakan.
Unit pemroses sentral pada sebuah komputer. Umumnya CPU diartikan sebagai kotak dimana seluruh peripheral dirangkai. Namun dalam pengertian teknis, CPU merujuk kepada processor yang terpasang dalam sebuah sistem komputer.
Di dalam CPU sendiri, terdapat empat tahap operasi yang terjadi, yaitu: fetch, Decode, Execute, dan Store
Beberapa cara digunakan untuk mempertinggi kecepatan dari CPU ini, diantaranya adalah:
- Faster clock speeds, yaitu dengan mempertinggi kecepatan clock.
- Wider paths, yaitu dengan memperlebar jalur yang disediakan.
- Doing more than one this at a time, yaitu dengan memperbanyak kegiatan pada saat yang bersamaan.
Selain untuk keperluan umum, juga terdapat CPU untuk keperluan khusus, yaitu:
- Application-specific integrated circuit (ASIC)
- digital signal processor (DSP)
- Media processor
- field programmable gate array (FPGA)
Amplifier: Berfungsi sebagai penguat signal, yang dapat digunakan untuk mempertinggi intensitas suatu sinyal komunikasi. Repeater termasuk salah satu contoh untuk amplifier ini.
Bridge: Menjembatani, mempertemukan, jembatan.
________________________________________
Sesuai dengan namanya, alat ini dipergunakan untuk menjembatani 2 jaringan. Tetapi berbeda dengan repeater yang hanya berfungsi sebagai jembatan fisik, bridge dapat berfungsi juga sebagai jembatan nalar (logical) seperti pembongkaran dan penyusunan paket, penyelematan, buffering dan lain-lain. Dengan demikian bridge dapat dipakai untuk menghubungkan 2 macam jaringan yang berbeda format paketnya ataupun yang berbeda kecepatan transmisinya. Misal dua kantor menggunakan dua jenis sistem jaringan yang berbeda, yang satu menggunakan sistem ethernet dan yang lainnya menggunakan sistem Arcnet, maka kedua sistem tersebut dapat digabung dengan menggunakan bridge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar